histast

Pages

Minggu, 09 Oktober 2011

Makna Warna Seragam Sekolah di Indonesia



Di Indonesia, Tingkatan sekolah dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. SD (Sekolah Dasar) atau MI(sederajat)
2. SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau MTs(sederajat)
3. SMA (Sekolah Menengah Atas) atau MA, SMK(sederajat)

Di ketiga tingkatan sekolah itupun jelas sekali perbedaanya.. Yang paling umum adalah perbedaan seragamnya.. Tapi, pas ane habis baca baca di sebuah blog, ane langsung nemu sesuatu yang sangat unik. dan kalo dipikir pikir masuk akal juga.. . Yaudah langsung aja nyok gan, Cekidot..!

Seragam SD

Seragam Resmi SD adalah Putih dan Merah
Tapi, apakah ente tahu maknanya..?
Ini dia..

Warna Merah melambangkan kesan energi, hasrat, dan keberanian
namun hal disini berarti:


Energi= Anak SD adalah masih termasuk anak anak. Ente tau kan kalo anak anak lagi senang..? Pasti akan selalu berenergi dan ceria. Yang dimaksud disini adalah Anak seumuran SD masih semangat semangatnya belajar dan masih sangat senang bersekolah.. 

Hasrat= Hasrat yang dimaksud disini adalah hasrat keingintahuan anak anak. Ane aja pernah janjiin adek ane yang masih SD kalo besok mau ane ajak jalan jalan ke suatu tempat yg belum pernah dia kunjungi. Karena ane gak sempet, eh dia malah nagih nagih janji melulu karena kepingin tahu.. 

Keberanian= Keberanian disini adalah maksud dari anak anak seumuran SD masih punya keberanian yaitu berani malu atau lebih tepatnya belum punya rasa malu. Emang sih tergantung pribadi anaknya pemalu atau nggak, tapi kebanyakan anak SD emang belum punya rasa malu sih..

Seragam SMP

Warna resmi seragam SMP adalah Putih dan Biru
Tapi, apakah ente tahu apa maknanya..?
Ini dia..

Warna Biru melambangkan Komunikasi, Dinamis, kreativitas, dan kasih sayang
namun hal disini berarti:


Komunikasi= maksud komunikasi disini adalah, karena anak SMP sudah tergolong remaja, maka diu usia awal remaja inilah seorang anak mulai senang berkomunikasi. Seperti contohnya sering SMS-an, Facebook-an, dan Ngaskus..  dan sebagainya

Dinamis= maksud dinamis disini adalah anak SMP adalah anak yang belum mempunyai pendirian. masih sangat mudah terpengaruh dan berubah ubah sifatnya karena orang lain. Tapi memang seperti itulah sifat remaja, masih mencari jati dirinya. Contohnya saja tawuran. Sejak SMP udah doyan tawuran, kebawa dah tu sampe ke SMA.. 

Kreativitas= gak perlu dijelaskan lagi memang.. Anak seusia SMP memang sudah mulai terlihat bakatnya dan kreativitasnya.. 

Kasih sayang= Ini juga emang udah gak usah dijelasin.. Anak SMP sudah mulai mengenal dan bergaul dengan baik dengan lawan jenis. Ini terbukti seringnya kita melihat anak SMP yang lagi berpacaran.

Seragam SMA

Seragam resmi SMA adalah putih Abu abu
Tapi, apakah ente tahu apa maknanya..?
Ini dia..

Warna abu abu melambangkan kedewasaan, praktis, dan diam
namun hal disini berarti:


Kedewasaan= Anak SMA memang sudah digolongkan sebagai orang dewasa. Ini terbukti bahwa Anak SMA sudah mampu untuk hidup mandiri tanpa membutuhkan banyak bantuan orang lain dengan mengandalkan fisik dan otaknya.

Praktis= Praktis disini adalah maksud bahwa anak SMA tidak menyukai hal yang lambat. Mereka cenderung menyukai sesuatu yang cepat, mudah, tidak ribet atau langsung jadi. Ini dibuktikan banyaknya anak SMA yang kedapatan suka ngebut saat mengendarai motor di jalanan.. 

Diam= Anak SMA cenderung lebih suka diam. Memang sih tergantung pribadi anak, namun Anak SMA kebanyakan lebih suka diam dan tidak terlalu banyak bicara. Jika bertindak, mereka langsung ke inti permasalahan tanpa banyak lama berfikir.
noreply@blogger.com (ricky1206) 08 Oct, 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More