histast

Pages

Minggu, 09 Oktober 2011

Sutradara Film 2012 tak berani Hancurkan Ka'bah


http://i477.photobucket.com/albums/rr138/wokeee/kabah-dlm.jpg
Agan masih ingat film 2012? tentunya masih doong,, hehe,walaupun udah lama, tapi disi admin menjelma.com akan mencoba mengungkapkan sesuatu dari film ini,,, ayo gan . . . monggo dibaca

Di film bertema kiamat '2012', semua bangunan simbol keagamaan seperti patung Yesus di Rio de Janeiro, St Peter's Basilica di Vatikan dan kuil di Tibet luluh-lantah. Tapi sang sutradara Roland Emmerich tidak menghancurkan Ka'bah. Kenapa? Dari Guardian, sutradara asal Jerman itu enggan untuk menghancurkan simbol suci umat Islam Ka'bah di film garapannya. Ia tak mau filmnya dianggap melecehkan umat Islam. Awalnya ia memang berniat untuk menampilkan visual kehancuran simbol-simbol penting di dunia termasuk Ka'bah. Namun Roland mendapat peringatan dari penulis naskahnya kalau ia tidak bisa melakukannya dengan simbol yang satu itu. "Penulis naskah Harald Kloser bilang kalau kamu melakukannya pada simbol itu kamu bisa terkena fatwa," ujar Roland.


'2012' menampilkan bumi yang hancur karena terjadi pergeseran kutub magnet bumi. Berbagai bencana pun melanda bumi, mulai dari gempa dahsyat, gunung meletus hingga tsunami. Tema hari kiamat yang akan terjadi di 2012 sudah beberapa kali diangkat di film. Berbeda dengan film sebelumnya, '2012' garapan sutradara Roland Emmerich lebih menyuguhkan visual efek yang fantastis. Beberapa tahun sebelum 2012, Adrian Helmsley (Chiwetel Ejiofor) terbang ke India untuk menemukan bukti kalau inti bumi tengah mengalami pemanasan yang jauh kata normal. Melihat hal itu, Adrian bersama staf ahli kepresidenan Carl Anheuser (Oliver Platt) buru-buru mengadu ke presiden Amerika Serikat yang saat itu dijabat Thomas Wilson (Danny Glover). Presiden Thomas pun mengadakan rapat rahasia dengan beberapa pemimpin negara G8. Mereka berniat menyiapkan misi khusus untuk menghadapi bencana besar yang akan melanda seluruh bumi.

Di California, Jackson Curtis (John Cusack ) seorang penulis yang telah bercerai mengajak anak-anaknya untuk berkemah di Yellowstone. Ketika hendak mengunjungi danau, mereka mendapati danau itu sudah kering. Di sana, Jackson juga bertemu dengan Charlie Frost (Woody Harrelson) seorang penyiar radio amatir. Charlie yang setengah gila memberitahu Jackson kalau bumi akan kiamat. Hingga akhirnya, semua yang diceritakan soal kiamat Charlie menjadi kenyataan. Jackson berusaha menyelamatkan anak-anaknya sementara California pun diguncang gempa hebat. Nah mulai dari situ, berbagai visual dari berbagai macam bencana mengalir deras sepanjang film, mulai dari gunung meletus hingga tsunami.

Meski menghadirkan banyak karakter, plot '2012' tidak terlalu sulit untuk diikuti, malahan tergolong biasa-biasa saja. Dari segi cerita, film garapan Roland Emmerich ini tidak jauh beda dengan film-film lain yang mengangkat tema bencana, macam 'Deep Impact' atau 'The Day After Tomorrow'. Namun kalau ngomongin visual efek, '2012' patut mendapat acungan dua jempol. Visual berbagai macam bencana yang tampil di film tersebut mampu membuat Anda sedikit menahan nafas. Visual efek '2012' cukup halus dan detil. Sedikit trivia, '2012' merupakan satu dari sedikit film yang menampilkan karakter presiden Amerika Serikat diperankan oleh aktor berkulit hitam. Presiden Thomas Wilson diperankan oleh Danny Glover yang sukses mendampingi Mel Gibson di 'Lethal Weapon'.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More